Home News Metropolis Waspada! Peningkatan Kasus ISPA Mulai Terjadi di Kotim

Waspada! Peningkatan Kasus ISPA Mulai Terjadi di Kotim

  Redaksi   | Senin , 06 Februari 2023
0a8082ce26777d83d9a34a2333cb5c65.jpg
Kepala Puskesmas Baamang I Supriadi.

KLIK.SAMPIT- Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, perlu mewaspadai potensi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Pasalnya dalam beberapa pekan terakhir terjadi peningkatan karena kondisi cuaca yang tak menentu saat ini.   

Salah satu contohnya, seperti yang terpantau di Puskesmas Baamang 1 Kecamatan Baamang, jumlah kasus ISPA di tempat pelayanan kesehatan itu meningkat.   

Kepala Puskesmas Baamang 1 Supriadi mengatakan, dalam sehari pihaknya melayani setidaknya ada 50 kunjungan pasien. Dari kunjungan itu, 30 hingga 40 persen didiagnosa mengalami ISPA. 

“ Sudah sekitar 3 pekan ini terjadi peningkatan itu,” jelas Supriadi, Senin (6/2).

Salah satu faktor penyebab ISPA ini adalah karena cuaca yang tak menentu. Suatu ketika panas dan terik, namun kadang mendadak berubah hujan. 

"Ini mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Sehingga rentan terhadap virus dan bakteri," kata Supriadi. 

Mencegah terjadinya peningkatan penderita ISPA signifikan, pihak Puskesmas menyiapkan vitamin dan obat sebagai langkah dan upaya penyembuhan. 

Pihaknya juga meminta agar para pasien menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, memerhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Selain ISPA, penyakit lain yang perlu diwaspadai di tengah cuaca sekarang adalah penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

Terkait hal itu, Puskesmas Baamang 1 telah menyiapkan abate gratis dan masyarakat juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan menerapkan 3M plus, yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mengubur atau mendaur ulang barang tidak terpakai. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami