Home News Metropolis Arus Balik di Pelabuhan Sampit Mulai Terjadi

Arus Balik di Pelabuhan Sampit Mulai Terjadi

  Redaksi   | Senin , 01 Mei 2023
60034020a348412cf9f15f90cf6b7479.jpg
Para penumpang arua balik turun ke Pelabuhan Sampit, Senin (1/5).

KLIK.SAMPIT - Arus balik pascaLebaran 2023 di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mulai terjadi, Senin (1/5).

Sebanyak 1.538 penumpang turun di Pelabuhan Sampit asal Pulau Jawa, H+9 Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. 

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari penumpang pada 2 kapal yang berlabuh di Sampit : KM Dharma Kartika III dari PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Sampit yang tiba di Sampit dari Surabaya dengan jumlah penumpang 382 orang. 

Kedua menggunakan KM Leuser dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Sampit yang tiba dari Semarang pada, dengan jumlah penumpang 1196 orang.

Kepala PT Pelni Cabang Sampit Edwin Kurniansyah mengatakan jumlah penumpang yang tiba di Kota Sampit pada hari ini mengalami peningkatan yang signifikan dibanding kedatangan kapal sebelumnya yang hanya menurunkan 259 penumpang. 

Kondisi ini menandakan bahwa arus balik pasca Lebaran di Pelabuhan Sampit mulai memasuki puncaknya. 

"Ini adalah kapal kedua kami dalam angkutan arus balik Lebaran 2023. Sebelumnya ada KM Kelimutu, tapi saat itu kelihatannya belum banyan penumpang yang balik ke Kotim. Kalau hari ini sudah kelihatan sekali peningkatannya," ujarnya. 

Ia menambahkan, untuk puncak arus balik 2023 diperkirakan jatuh pada 3 Mei 2023. Pada tanggal tersebut dijadwalkan KM Kelimutu tiba di Pelabuhan Sampit dari Surabaya, sekaligus menjadi angkutan terakhir dari PT Pelni Cabang Sampit selama angkutan arus balik lebaran.

Adapun, jika dibandingkan jumlah penumpang yang diangkut PT Pelni Cabang Sampit pada angkutan mudik lebaran, jumlah penumpang yang kembali pada arus balik lebaran baru mencapai sekira 25 persen.  

Kendati demikian, jasa pelayaran masih tetap berjalan diluar periode angkutan lebaran, sehingga diperkirakan masih banyak pemudik yang baru kembali setelahnya. 

"Berbeda dengan angkutan menjelang lebaran, saat itu orang-orang mengejar momentum lebarannya. Kalau arus balik ini biasanya lebih santai, jadi diluar masa angkutan arus balik pun masih banyak yang baru kembali ke sini," jelasnya. 

Sementara itu, Manager PT DLU Cabang Sampit, Hendrik Sugiharto menyampaikan hari ini pihaknya menurunkan 382 penumpang yang tiba dari Surabaya. Selain itu, ada 25 unit sepeda motor, 10 unit kendaraan keluarga, dan 13 kendaraan logistik. 

Selanjutnya, PT DLU Cabang Sampit masih memiliki 2 jadwal kedatangan kapal yang tiba selama periode arus balik. Yakni, KM Kirana I pada 5 Mei 2023 dan KM Dharma Kartika III pada 7 Mei 2023. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami