Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Bertekad Kembangkan Kawasan Wisata Sebangau Menjadi Wisata Modern

Pemprov Kalteng Bertekad Kembangkan Kawasan Wisata Sebangau Menjadi Wisata Modern

  Redaksi   | Selasa , 15 Agustus 2023
e73518e04c09f23b58c4e1f3e2e18a15.jpg
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

KLIK.PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bertekad mengembangkan kawasan Wisata Sebangau menjadi kawasan wisata modern tanpa menghilangkan kearifan lokal dan keasrian alam yang menjadi daya tarik utamanya. 

Sugianto menyebutkan, kawasan wisata yang terletak di Kota Palangka Raya tersebut selama ini menjadi tujuan wisata konservasi alam, selain Taman Nasional Tanjung Puting di Pangkalan Bun.

"Wisata Sebangau ini perlu dikembangkan karena belum ditunjang infrastruktur serta sarana dan prasarana yang memadai di kawasan tersebut, padahal kawasan ini sebetulnya sudah mendunia," kata dia, Selasa (15/8). 

Kawasan yang nantinya dibangun akan terintegrasi dengan Taman Nasional Sebangau. Tentunya pembangunan ini dengan memertimbangkan aspek politik, sosial ekonomi, ekologi hingga teknologi. 

Menyinggung apa saja yang akan dibangun, Sugianto menyebutkan, di kawasan tersebut akan dibangun secara komprehensif dan lengkap, sehingga setiap pengunjung dimanjakan dengan kelengkapan yang tidak perlu lagi dicari di luar area.

"Kita akan bangun dermaga entrance, dermaga service, jembatan, gambut dan orangutan education centre, sculpture orangutan dan tingang, pusat oleh-oleh dan cendera mata," katanya 

Tak hanya itu, pemerintah juga akan membangun kandang transit satwa dan feeding area, mini studio dan information room, mushola dan klinik, deck amphitheater, kafe dan co-working space, stage, resto kapal, aula pertemuan, pusat kebugaran, plaza, guest house regular, menara pandang dan deck milkyway, dan guest house VIP.

"Keseluruhan fasilitas ini akan dibangun dalam area seluas kurang lebih 15,5 hektar, doakan saja kita mulai tahun 2023 ditargetkan rampung tahun 2024," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami