Home Pemerintah Pemprov Kalteng Ketersediaan Anggaran Ketahanan Pangan Harus Mencukupi

Ketersediaan Anggaran Ketahanan Pangan Harus Mencukupi

  Redaksi   | Jumat , 01 September 2023
c2748f798785eca6462ed97752b813be.jpg
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berbincang dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai Rakornas.

KLIK. PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengingatkan seluruh kepala daerah di provinsi ini untuk memerhatikan ketersediaan anggaran pertahanan panganan.

Sugianto mengatakan, mengenai ketersediaan anggaran itu sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi bersama Presiden RI yang dilaksanakan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Rakornas itu tentang memperkuat sinergi dan inovasi untuk kestabilan harga menuju ketahanan pangan nasional berkelanjutan, serta upaya mengendalikan inflasi," kata dia, Jumat (1/9). 

Ketersediaan anggaran ketahanan pangan yang mencukupi diyakini akan membantu berbagai kebijakan pemerintah. Selain untuk membantu mencukupi pemenuhan kebutuhan pangan, hal ini juga berkaitan dengan upaya pengendalian inflasi. 

"Beberapa waktu yang lalu saya sudah instruksikan kepada bupati dan wali kota untuk menyediakan anggaran yang cukup, sehingga saya harapan bisa ditindaklanjuti," katanya mengingatkan.

Kenaikan angka inflasi beberapa waktu lalu tentu menjadi pembelajaran bagi semua pihak, baik itu pemerintah provinsi, kabupaten dan kota agar ke depannya bisa memerhatikan semua aspek yang berkaitan secara langsung dengan pengendalian inflasi.

"Pengalaman kita cukup dalam menangani dampak inflasi, hendaknya itu menjadi cerminan untuk masa datang, sehingga kita memiliki ketahanan dalam menghadapi inflasi," ucapnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan pemerintah pusat, inflasi secara nasional terbilang cukup terkendali. Capaian tersebut merupakan hasil dari sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk Bank Indonesia melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Nasional yang dilaksanakan sepanjang tahun di berbagai daerah.

"Maka dari itu saya harapkan menghadapi bulan-bulan selanjutnya ada upaya nyata dari kita semua melalui penyediaan anggaran, supaya semua kegiatan terkait pengendalian inflasi terlaksana dengan baik," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami