Home Pemerintah Pemprov Kalteng Tekan Inflasi, Pemprov Kalteng Lakukan Intervensi di Seluruh Daerah

Tekan Inflasi, Pemprov Kalteng Lakukan Intervensi di Seluruh Daerah

  Redaksi   | Selasa , 21 Februari 2023
e416448d178097eb53056d9321dbf65b.jpg
Sekda Kalteng Nuryakin menghadirkan Rakor Pengendalian Inflasi bersama Mendagri yang dilaksanakan secara virtual.

KLIK. PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin, mengharapkan seluruh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di kabupaten dan kota terus menggiatkan langkah-langkah strategis dalam mengendalikan inflasi.

Pernyataan itu disampaikannya setelah menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Daerah secara virtual, yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Senin (20/2). 

"Pemerintah pusat mengapresiasi langkah pengendalian inflasi selama ini, tapi di satu sisi daerah juga diminta tetap mengoptimalkan kebijakan pengendalian," kata dia.

Dikatakannya, bahwa mengapresiasi kerja sama dalam menurunkan angka inflasi. Di beberapa daerah, harga-harga bahan pokok di pasar sudah relatif stabil, sehingga hal itu berdampak positif untuk daerahnya juga. 

"Diharapkan ini bisa dipertahankan, sehingga inflasi tetap terkendali dan pertumbuhan ekonomi terjaga," katanya mengharapkan. 

Sekda Nuryakin menyampaikan inflasi tertinggi di Kalteng berada di Kabupaten Katingan dan Barito Timur. Sehingga diharapkan kepada pemerintah setempat terus melaju monitoring terhadap potensi yang memungkinkan gejolak harga.

Satuan Tugas (Satgas) TPID Kalteng melakukan koordinasi dengan Tim Satgas Pangan dan TPID di kedua kabupaten tersebut. Tidak hanya itu, TPID di seluruh daerah juga diminta tetap memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing. 

"Kita jangan hanya berfokus di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya saja, tetapi kita juga harus melakukan intervensi di kabupaten lainnya," katanya mengakhiri.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami