Home Pemerintah Kotawaringin Barat Suplai Ikan di Kotawaringin Barat Dipastikan Aman saat Ramadan

Suplai Ikan di Kotawaringin Barat Dipastikan Aman saat Ramadan

  Redaksi   | Sabtu , 02 April 2022
720b610e935a2a9e53358bd7adfcaac2.jpg
Suasana bongkar muat ikan di tempat pelelangan ikan di Kumai, Kotawaringin Barat.

KLIK.PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Perikanan Kotawaringin Barat, Hepy Kamis menyebutkan suplai ikan konsumsi harian rumah tangga masih aman menjelang Ramadan. Ini penting diketahui, mengingat produk hasil laut merupakan alternatif atau pengganti dari komoditas daging dan unggas yang saat ini diburu sejak menjelang bulan puasa dan hingga Idulfitri nanti.

Hepy Kamis memastikan suplai ikan mampu mencukupi permintaan yang biasanya melonjak mendekati bulan puasa, lapak ikan dan pedagang ikan di pasar ikan modern siap untuk menyuplai kebutuhan masyarakat.

Hepy Kamis mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir hingga menimbun produk perikanan sebelum Ramadan. Sebab menimbun dikhawatirkan menyebabkan kelangkaan pada ikan jenis tertentu.

“Masyarakat tidak perlu panik terkait suplai dan harga ikan jelang Ramadan. Pasar ikan, lapak basah atau lapak yang menjual ikan segar setiap harinya, ada” katanya.

Sementara itu Agus Vedi, tengkulak ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kumai, mengungkapkan untuk tangkapan menggunakan alat masing-masing, namun kalau untuk jaring hasilnya lumayan. 

Penangkapan ikan ini ada tiga cara yakni menyerap hasil tangkapan para nelayan (off take), menangkap ikan dengan kapal milik sendiri, dan menangkap ikan bekerjasama dengan pemilik kapal besar.

"Namun saat ini yang paling banyak hasil tangkapan ikan lewat jaring, "katanya, Sabtu (2/4)

Untuk jenis ikan tangkapan jaring yang banyak ikan tongkol dan senangin, kalau untuk stok satu bulan masih belum tentu, semua tergantung hasil tangkapan.

"Untuk bulan ini termasuk kurang tapi mendekati bulan Ramadan ini ada, walau tidak melimpah," ucapnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami