Home Pemerintah Kotawaringin Barat Dinas PKH Kobar Gencar Cek Kesehatan Hewan Kurban

Dinas PKH Kobar Gencar Cek Kesehatan Hewan Kurban

  Redaksi   | Jumat , 08 Juli 2022
18f57aea0c71ec4567ecc19e38b27ecf.jpg
Petugas DPKH Kobar mengecek kesehatan hewan kurban di kabupaten itu.

KLIK. PANGKALAN BUN - Tim Teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memeriksa kesehatan hewan kurban, Jumat (8/7)

Plt Kepala DPKH Kobar, Rosehan Pribadi mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan menjelang pelaksanaan Hari Raya Iduladha setiap tahunnya. Dan kegiatan tim guna memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat di kandang penampungan maupun kandang pemeliharaan.

"Kami ingin memastikan hewan kurban yang diperjualbelikan dalam keadaan sehat," kata Rosehan Pribadi saat ditanya awak media.

Di tengah pengendalian dan pengobatan ternak yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas DPKH Kobar juga melakukan pelayanan dan bimbingan pelaksanaan kurban 2023 M/1443 H. 

Diawali dengan sosialisasi pelaksanaan kurban kepada takmir masjid atau musala, dan kelompok masyarakat pelaksana kurban, agar tatacara pelaksanaan dapat sesuai dengan syariat atau rukun dan sesuai teknis kesehatan hewanm

"Menjelang pelaksanaan kurban dalam waktu beberapa hari ke depan, DPKH juga telah mendata jenis, jumlah dan lokasi pelaksanaan kurban di enam kecamatan di Kobar," katanya. 

Hal ini dilakukan agar pada pelaksanaan kurban, sebanyak 90 orang petugas pemeriksa kesehatan hewan dapat hadir pada semua titik lokasi pelaksanaan kurban. 

Selain pada lokasi pelaksanaan kurban, tim DPKH juga melakukan pelayanan kesehatan hewan di lapak-lapak penjual hewan qurban yang ada di kota Pangkalan Bun dan sekitarnya, dengan cara memberi label atau tanda pada hewan kurban yang sehat dan layak jual. 

"Kegiatan yang kami lakukan semua ini, bertujuan agar pelaksanaan kurban dapat sesuai syariat rukun dan sesuai teknis kesehatan hewan. Serta yang lebih penting menjamin kesehatan daging dan ketentraman batin masyarakat yang mengkonsumsi daging qurban," terang Rosehan Pribadi.

Pada tahun 2022M/1443H ini, jumlah hewan kurban yang disembelih yang terdata sampai dengan hari ini sebanyak 901 ekor, terdiri 860 ekor sapi dan 41 ekor kambing, dengan lokasi tersebar di 241 titik pemotongan di seluruh wilayah Kabupaten Kobar. 

"Biasanya jumlah hewan qurban ini akan bertambah sampai melebihi 1000 ekor pada hari pelaksanaan qurban," pungkas Rosehan Pribadi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami