Home Pemerintah Kotawaringin Barat Menjelang Idulfitri Disperindagkop UKM Kobar Pastikan Keakuratan Takaran BBM SPBU

Menjelang Idulfitri Disperindagkop UKM Kobar Pastikan Keakuratan Takaran BBM SPBU

  Redaksi   | Senin , 03 April 2023
481f8546a014654f553f3ab15e511317.jpg
Petugas Disperindagkop dan UKM saat menguji takara BBM.

KLIK.PANGKALAN BUN - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memastikan keakuratan takaran bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di daerah tersebut.

Kepastian ketepatan takaran BBM di SPBU berdasarkan hasil pengecekan dan tera ulang mesin dan tera ulang mesin pompa SPBU oleh Disperindagkop UKM Kobar bersama sejumlah petugas dari dinas tersebut, termasuk pengawas Kemetrologian untuk memastikan ketepatan takaran BBM di SPBU, berdasarkan hasil pengecekan tera ulang mesin pompa SPBU. 

"Kami dari tim Dinas Perindagkop UKM Kobar bersama sejumlah petugas dari dinas tersebut melakukan inspeksi mendadak untuk mengawasi SPBU menjelang mudik lebaran," kata Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Kobar Muhammad Suhendra, Senin, (3/4).

Ia menyebutkan, sejumlah SPBU yang menjadi sasaran pengawasan, SPBU di wilayah Pangkalan Bun, Kumai, dan Pangkalan Lada termasuk sejumlah pertashop di daerah ini.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan Tim Metrologi mesin pompa sejumlah SPBU yang digunakan masih dalam toleransi batas wajar, yakni 0,5 persen. Saat ini mesin pompa SPBU tersebut masih dalam toleransi batas wajar, kata Muhammad Suhendra.

"Pihaknya melaksanakan tugas pengawasan terhadap UTTP pada pompa ukur BBM SPBU di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, menjelang hari raya Idulfitri 1444 H/2023," ujarnya.

"Alhamdullah saat ini masih pompa masih bagus dan sesuai dengan ketentuan takaran, walaupun tidak persis sama, setidaknya masih dalam batas toleransi," Imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa pengawasan sejumlah SPBU ini bertujuan untuk memberikan pelayanan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik dan merayakan hari Raya Idulfitri.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tim kemudian memasang spanduk yang bertuliskan ucapan selamat hari Raya Idulfitri 1444 H, serta ajakan yang berbunyi 'Masyarakat jangan ragu mengisi BBM di SPBU ini, kebenaran pengukuran pompa ukurannya sudah dijamin'. 

Setelah ini, katanya, pihaknya akan melakukan pengawasan apabila ada permintaan dari masyarakat atau ada kasus dan pengaduan dari masyarakat.

Pengawasan sejumlah SPBU ini bertujuan untuk memberikan pelayanan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat yang mudik dan balik lebaran, pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami