Home Pemerintah Pemprov Kalteng Universitas Barito Raya Jawaban Kebutuhan Pendidikan Jangka Panjang

Universitas Barito Raya Jawaban Kebutuhan Pendidikan Jangka Panjang

  Redaksi   | Selasa , 06 September 2022
4d69cd0c20875a5a0e6bfd1bfe1f831a.jpg
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengunjungi lokasi pembangunan Universitas Barito Raya di Kecamatan Dusun Tengah, Barito Timur.

KLIK. PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran menegaskan, sektor pendidikan menjadi bagian yang sangat dan amat penting untuk dikembangkan dari berbagai lini.

Pemerintah tidak hanya memfokuskan penyiapan sumber daya manusia dalam hal ini tenaga pendidik, tapi juga sarana dan prasarananya. Seperti halnya yang tengah dilakukan pemerintah saat ini terkait pembangunan Universitas Barito Raya. 

"Pemerintah ingin di Kalteng ini dibangun perguruan tinggi merata, sehingga akses pendidikan bagi masyarakat akan jauh lebih mudah," kata dia.

Universitas Barito Raya ini rencananya dibangun di Kecamatan Dusun Tengah kabupaten Barito Timur. Pemerintah menargetkan universitas ini menjadi kebutuhan pendidikan Kalteng untuk jangka panjang.

"Kalteng inikan, khususnya di wilayah Barito sangat luas, sehingga harus dimanfaatkan pembangunannya untuk jangka panjang, salah satunya adalah universitas," katanya menegaskan.

Orang nomor satu di Kalteng itu juga menyebutkan pemerintah akan menyiapkan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembangunan universitas tersebut, sehingga menjadi tempat belajar yang nyaman bagi para mahasiswa. 

"Rencananya tahun 2023 dilakukan peletakan batu pertama dan di tahun 2024 presiden yang akan meresmikannya," katanya lagi.

Sugianto berharap dengan adanya universitas ini maka ekonomi akan berubah total sehingga daerah akan lebih cepat maju. Gubernur juga mengungkapkan titik lain yang menjadi calon lokasi pembangunan Universitas Barito Raya adalah di Kabupaten Barito Selatan. 

"Ada juga titik yang di Barito Utara, nanti kita lihat titik mana yang paling bagus diantara semuanya, karena selain universitas juga dari segi pariwisatanya harus lebih baik ke depannya," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami