Home News Metropolis Penderita Thalasemia Terus Meningkat, Pemkab Kotim Ajak Peduli terhadap Penderita

Penderita Thalasemia Terus Meningkat, Pemkab Kotim Ajak Peduli terhadap Penderita

  Sugianto   | Sabtu , 27 Mei 2023
88c2d174dbb549351e4bbc11ca238bd4.jpg
Assisten I Pemkab Kotim Rihel, beserta seluruh pihak terkait saat Seminar Kesehatan Thalasemia, di RSUD dr Murjani Sampit, Sabtu (27/5).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap semua pihak peduli dalam penanganan dan serius pencegahan thalasemia. 

Penanganannya juga harus lebih serius. Hal ini mengingat kasusnya di Indonesia kini terus mengalami peningkatan. 

"Saya atas nama pemerintah daerah mengharap kepedulian semua pihak terkait untuk memperhatikan serius penyakit thalasemia ini," ucap Assisten I Pemkab Kotim Rihel, Sabtu (27/5).

Rihel menuturkan di Indonesia didata jumlah kasus thalasemia ini semakin meningkat. Diperkirakan meningkat sebanyak 2.500 bayi lahir tergolong mayor. Sehingga memerlukan transfusi darah, khususnya di Kotim kasus tersebut terbilang sedikit.

"Memang kasus ini di Kotim terbilang sedikit namun bukan berarti kita harus mengabaikan," tuturnya.

Ia berpesan kepada orang tua yang memiliki anak dengan kasus tersebut agar tetap semangat dan setia mendampingi setiap transfusi darah. Pasalnya anak akan bahagia walaupun dalam keadaan sakit.

"Pesan saya untuk untuk orang tua dan anak agar tetap semangat, terus berjuang dan selalu bahagia," pesannya.

Ia pun berharap semua pihak yakni baik dari pengurus Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia Indonesia, Dinas kesehatan dan RSUD dr Murjani dan fasilitas kesehatan lainnya agar dapat melakukan skrining dengan baik.

"Saya harap semua pihak terkait agar peduli dalam pencegahan dan penanganan yang serius terhadap penyakit thalasemia ini," pungkas Rihel.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami