Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Berharap Pembentukan Kodim di Lima Kabupaten

Pemprov Kalteng Berharap Pembentukan Kodim di Lima Kabupaten

  Redaksi   | Jumat , 21 Juli 2023
502a6cac3ef85c217b8f57b705423a47.jpg
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyerahkan cendera mata kepada Pangdam XII/Tanjungpura Iwan Setiawan.

KLIK. PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengharapkan, segera dilakukan pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) di beberapa daerah di wilayah provinsi ini.

Pernyataan itu disampaikannya saat hadir pada malam akrab Pangdam XII/Tanjungpura (TPR) Iwan Setiawan, bersama Forkopimda Kalteng dan Anggota Korem 102/Panju Panjung, kemarin malam.

"Pembentukan Kodim di seluruh wilayah kabupaten di Kalteng tujuannya untuk memaksimalkan peran TNI dalam membantu pemerintah menyiapkan potensi pemberdayaan masyarakat untuk pertahanan negara," kata dia.

Dikatakan Wagub, di wilayah Kalteng sampai saat ini baru ada tujuh kabupaten dan satu kota yang memiliki Kodim, sehingga pemerintah mendorong dan mendukung pembentukan Kodim di lima Kabupaten lainnya.

"Pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa berjalan baik, tidak lepas dari kerja sama dan, khususnya unsur TNI dalam menjaga keamanan daerah tetap selalu kondusif," katanya menyebutkan.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kalteng sebagai provinsi terluas di Indonesia memiliki kekayaan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, mulai dari pertambangan, perkebunan, perikanan, kehutanan, hingga pertanian, dan pesona alam yang luar biasa.

Pemerintah pun saat ini fokus pada pembangunan sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan perekonomian dalam arti luas, dengan beberapa program strategis pembangunan sedang dilaksanakan.

"Sehingga untuk mengoptimalkan semua program dan potensi yang ada, maka perlu sinergitas terutama bagaimana pemeran TNI. Maka dari itu penting adanya semua Kodim di seluruh daerah," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami