Home Pemerintah Pemprov Kalteng Kabupaten dan Kota di Kalteng Didorong Mampu Memanfaatkan Peluang Ekspor

Kabupaten dan Kota di Kalteng Didorong Mampu Memanfaatkan Peluang Ekspor

  Redaksi   | Rabu , 11 Oktober 2023
5c5f28a073ea670b9dde186bcdeb7272.jpg
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat mengunjungi pameran dan bazar sembako.

KLIK. PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo, mengakui potensi dan peluang eskpor produk pertanian dan perikanan lokal sangat menjanjikan, sehingga diharapkan seluruh daerah mampu mengotimalkan potensi ini. 

Oleh sebab itu, dia meminta kabupaten dan kota serta seluruh pemangku kepentingan memerhatikan langkah dan upaya mengoptimalkan potensi itu supaya bisa memberi dampak ekonomi bagi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Hal pertama, saya minta pertama segera mengidentifikasi dan memetakan secara signifikan potensi ekspor produk baik pertanian dan perikanan Kalteng,” kata dia, Rabu (11/10). 

Pemerintah kabupaten dan kota juga diminta meningkatkan komitmen melakukan fasilitasi dan pembinaan untuk mengembangkan daya saing dan meningkatkan nilai tambah eksportir Kalteng.

“Mengenai daya saing ini penting diperhatikan agar produk ekspor Kalteng tidak kalah, ya bisa saja dengan membuat standar global dan brand yang kuat,” katanya mengharapkan.

Untuk mendukung semua hal itu, maka dukungan sarana dan prasarana ekspor tidak boleh dipandang sebelah mata. Menurut Wagub, dukungan ini akan membantu kegiatan pemanfaatan potensi hingga ekspornya bisa berakselerasi.

“Ya, akan lebih baik dan disarankan memperkuat kerja sama dengan perbankan dan lembaga pembiayaan ekspor,” katanya mengingatkan.

Tidak kalah penting untuk memperlancar semua kegiatan ekspor, maka harus memerhatikan kepastian dukungan kelengkapan dokumen ekspor, termasuk surat Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) harus di keluarkan di Palangka Raya agar laporannya keluar di Kalteng.

“PEB ini selama ini keluar di Jakarta, jadi laporan hasil ekspornya bukan dari tempat kita. Nah karena ini potensi yang kita miliki dan ekspornya dari daerah kita, ya mestinya laporannya juga dari Kalteng,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami