Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Matangkan Kesiapan Hadapi Pesta Demokrasi

Pemprov Kalteng Matangkan Kesiapan Hadapi Pesta Demokrasi

  Redaksi   | Selasa , 17 Oktober 2023
4ef34a261fced42f7e0b0e175d8e1951.jpg
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan persiapan pengamanan menghadapi Pemilu 2024.

KLIK. PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, menegaskan pemerintah provinsi terus mematangkan berbagai persiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Pemerintah provinsi berkolaborasi dengan TNI dan Polri berkaitan pengamanan, lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk berkoordinasi soal pelaksanaan kegiatan dan kelancaran seluruh tahapan pemilihan.

“Pemprov Kalteng telah menyatakan kesiapannya dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang melalui anggaran yang disediakan, baik itu untuk pelaksanaan secara langsung dan hal lain yang kaitannya dengan pengamanan,” kata dia saat mengadiri Apel Gelar Pasukan untuk persiapan pengamanan Pemilu di Polda Kalteng, Selasa (17/10). 

Pemilu tahun depan cukup besar karena dilaksanakan beberapa tahapan pemilihan. Di mana tahap pertama pada bulan Februari dilaksanakan Pemilihan Legislatif (Pileg) berbarengan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Kemudian pada tahun depan pula, tepatnya pada bulan November akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik itu Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, yang mana semua itu dilaksanakan secara serentak. 

“Maka dari itu banyak yang kita perhatikan, khususnya mengenai dana. Jadi, dana cadangan dan di tahun 2024 akan datang ini juga sudah teranggarkan keseluruhan dana yang ditentukan,” katanya menegaskan.

Selain soal anggaran, Wagub menegaskan pemerintah provinsi sudah membentuk Desk Pilkada yang dari berbagai unsur yakni pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota yang mempunyai tugas mengkoordinir keamanan, ketertiban, kondisi politis dan lain-lain.

“Dua bulan lagikan habis tahun ini, yang artinya kita sudah depat dengan tahun politik. Maka dari itu pemerintah terus berupaya segala persiapan terpenuhi, mulai dari anggaran pelaksanaan dan pengamanan,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami