Home DPRD Murung Raya Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Dapat Membentuk Karakter

Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Dapat Membentuk Karakter

  Redaksi   | Sabtu , 11 November 2023
bfe6e294aece93d6e01fb19974598751.jpg
Juru bicara fraksi Partai Nasdem DPRD Murung Raya H Fahriadi.

KLIK. PURUK CAHU - Juru bicara fraksi Partai Nasdem DPRD Murung Raya Fahriadi menilai Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan memiliki nilai sangat fundamental. Sehingga mampu membentuk karakter terhadap individu khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Murung Raya.

Fraksi Nasdem, kata dia, juga mengharapkan pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan ini dapat dilaksanakan pada pendidikan formal maupun non formal. Serta menyentuh semua kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara di Kabupaten Murung Raya.

Diharapkan masyarakat yang memiliki kompetensi tentang pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa bisa dilibatkan dalam Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten.

“Disarankan khusus pendidikan formal untuk semua jenjang, pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan wajib dilaksanakan oleh pihak Sekolah. Menyangkut waktu/jam agar diatur, sehingga tidak berbenturan dengan alokasi jam pelajaran yang sudah ditetapkan dalam kurikulum merdeka,”ucapnya, Jumat (10/11). 

Demi terlaksananya Perda ini, Fraksi Nasdem menyarankan agar setelah Raperda ini disepakati menjadi Perda kiranya bertepatan dengan tanggal 1 Juni 2024 dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, bisa disahkan menjadi Perda.

Selain Itu, dalam Raperda ini perlu adanya penekanan pada Penyelenggara Negara, ASN dan Masyarakat.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami