Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Juga Ingin Ada Rumah Sakit Swasta di Kotim

Bupati Juga Ingin Ada Rumah Sakit Swasta di Kotim

  Sugianto   | Kamis , 18 Januari 2024
1e4f2ae7e535557b7136df065a0d67e3.jpg
Bupati Kotim Halikinnor bersama Wabup Kotim Irawati saat diwawancara wartawan.

KLIK.SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengutarakan, ia juga menginginkan adanya rumah sakit swasta di wilayah tersebut. 

Hal itu demi peningkatan mutu pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat. Sehingga fasilitas kesehatan yang ada semakin optimal dengan adanya kompetitor dari swasta. 

"Saya juga menghendaki adanya rumah sakit swasta di tempat kita," ucap Halikin, Rabu (17/1).

Halikin menyebut, berkaca dengan pengalaman saat daerah itu dilanda pandemi Covid-19, keterbatasan pasilitas kesehatannya tidak mampu menampung pasien yang membludak.

"Kemaren kita saat terjadi pandemi pasien membludak. Itu tempat kita tidak mampu. Mungkin dari sisi petugasnya mampu. Namun ruangan tidak cukup," ujarnya.

Halikin menilai dengan adanya tambahan rumah sakit swasta ini juga memberikan dampak positif dan juga sebagai alternatif lain bagi pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Jika rumah sakit swasta betul-betul bisa berdiri. nantinya masyarakat bisa tertampung dengan baik. Kalau misalnya penuh di sana (RSUD dr Mujani Sampit) kan bisa dialihkan ke rumah sakit swasta," tuturnya.

Selain itu menurut Halikin, dengan adanya rumah sakit swasta nantinya juga akan ada semacam kompetitor dengan RSUD dr Murjani Sampit. Tentu in jadi pemicu rumah sakit yang ada agar bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Biasanya kalau ada kompetitornya itu biasanya pelayanan akan lebih meningkat. Karena ada saingan," imbuhnya.

Halikin membeberkan, terkait pembangunan rumah sakit swasta di wilayahnya. Pihaknya telah berkomunikasi dengan investor yang ingin membangun rumah sakit swasta ini. Adapun Investor ini yakni dari Yogyakarta dan Surabaya

"Kita bahkan berikan fasilitas kemudahan dalam hal perizinan dan lain sebagainya agar rumah sakit swasta ini bisa berdiri di tempat kita. Mudah-mudahan rumah sakit swasta ini dapat berdiri di tempat kita agar mutu pelayanan kesehatan kita bisa lebih optimal," pungkas Halikin.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami