Home Pemerintah Kotawaringin Timur Mewujudkan Transformasi Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar Bukan Perkara Mudah

Mewujudkan Transformasi Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar Bukan Perkara Mudah

  Sugianto   | Kamis , 02 Mei 2024
78f71636d6fd73764345735925b2b76d.jpg
Wabup Kotim Irawati saat menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas, di halaman Kantor Pemkab Kotim, Kamis (2/5).

KLIK.SAMPIT- Mewujudkan transformasi pendidikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar bukan merupakan perkara mudah. Tak terkecuali penerapan di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Halnini disampaikan Wakil Bupati Kotim Irawati saat menyampaikan amanat pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).

Dalam amanat Mendikbud-Ristek Irawati mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk melanjutkan transformasi pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar.

Ia mengatakan lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan di pendidikan.

"Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan di daerah ini," ujarnya, Kamis (2/5).

Lanjutnya, untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana, namun untuk mengubah perspektif tentang pembelajaran. Pada awal perjalanan, pihaknya sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. 

"Rasa tidak nyaman itu pasti ada menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan," katanya.

Selain itu dalam pendidikan pihaknya juga dihadapkan dengan tantangan pandemi. Dimana dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. 

"Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat dalam menata pendidikan," ungkapnya.

Adapun peserta yang mengikuti upacara tersebut yakni dari tenaga pengajar yang ada di sejumlah wilayah Kotim beserta sejumlah pelajar dan mahasiswa yang ada di daerah.

Ia menambahkan pergerakan ini sudah berjalan menuju arah yang benar. Semua yang di jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang di cita-citakan daerah.

"Dengan penuh ketulusan, kami ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa daerah melompat ke masa depan," demikian Irawati. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami