Home Pemerintah Kotawaringin Barat Lampu PJU di Kobar Banyak yang Tidak Berfungsi

Lampu PJU di Kobar Banyak yang Tidak Berfungsi

  Redaksi   | Kamis , 22 Desember 2022
874d5690f4c0366bfa4746116ce85cdc.jpg
Kepala Dinas Perhubungan Kobar Amir Hadi.

KLIK. PANGKALAN BUN - Dari 2.998 lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terdata, sebanyak 60 Persen lampu di antaranya tidak berfungsi lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kobar Amir Hadi mengatakan, terdapat 2.998 lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di tiap kecamatan. Dari jumlah itu, 60 persen di antaranya dalam kondisi padam akibat kerusakan.

"Perbaikan tahun ini hampir 387 lampu dan 4.000 jaringan yang sudah diperbaiki. Karena lampu ini banyak sekali, maka belum semuanya bisa tersentuh. Tapi, Insyallah dalam waktu dekat semua bisa kita perbaiki," kata Amir, Kamis (22/12).

Amir Hadi mengatakan banyaknya lampu PJU yang rusak membuat proses perbaikan memakan waktu. Meski begitu, pihaknya berjanji akan segera melakukan perbaikan dalam waktu dekat.

Dijelaskan Amir Hadi, kerusakan yang terjadi pada lampu tersebut disebabkan beberapa faktor, khususnya faktor alam. Kerusakan yang kerap ditemui petugas yakni pada bohlam dan jaringan kabel lantaran banyak PJU yang sudah termakan usia.

Sehingga, lanjut Amir, selain melakukan upaya perbaikan lampu PJU yang sudah ada, pihaknya juga membangun lampu penerangan jalan umum (PJU) yang lebih hemat dengan menggunakan daya solar cell.

"Banyak dari lampu PJU kita yang sudah termakan usia. Sementara untuk PJU solar cell tahun lalu kita dapat 285 dan tahun ini kita usulkan lagi 310 karena cukup membantu penerangan masyarakat," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami