Home Pemerintah Kotawaringin Timur Motivasi Lulusan SMA di Kotim untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Motivasi Lulusan SMA di Kotim untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

  Sugianto   | Senin , 29 April 2024
e5a37cc9703b54fe867163572d52ea54.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati saat pelepasan siswa MAN Kotim di Rins Ballroom Sampit.

KLIK.SAMPIT- Wakil Bupati Kotim memotivasi para siswa di daerah itu yang telah selesai menempuh pendidikan di jenjang sekolah menengah atas agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini pentung untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi yang kompetensi dan berkiprah di berbagai bidang.

"Kami berpesan kepada adik-adik agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," ucap Irawati.

Irawati mengatakan, sesuai visi dari pemerintah daerah yakni "Terwujudnya kabupaten Kotim yang mandiri, maju, dan sejahtera." Salah satu misinya adalah mewujudkan SDM yang berkualitas, berdaya saing, beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa.

"Saya atas nama pemerintah kabupaten ingin adik-adik terus melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, capai cita- cita setinggi langit," ujarnya.

Kendati demikian, Irawati juga mempersilakan bagi yang mau bekerja, nanti pada saatnya lanjutkan juga pendidikan di perguruan tinggi. Ia berpesan dalam menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bisa memilih yang ada di Kota Sampit.

Menurutnya, di Kota Sampit ini sudah banyak perguruan tinggi, ada Universitas Muhammadiyah Sampit, Universitas Darwan Ali, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum. Habaring Hurung, Politeknik, dan berbagai pendidikan lanjutan yang nonformal lainnya. 

"Di Sampit sudah banyak berdirinya perguruan tinggi. Silakan pilih sesuai minat, bakat, dan potensi anda. karena Kotim sangat memerlukan dan berkewajiban meningkatkan sumber daya manusianya," ungkapnya.

Irawati menambahkan, indeks perkembangan manusia (IPM) Kotim tahun 2023 lalu adalah 73,99. memang lebih tinggi dari rata-rata IPM

Kalteng yang 73,73. 

"Kita masih di urutan ke 5 dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalteng. Sebab itu adik-adik yang telah lulus SMA sederajat, lanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau lembaga lainnya. Sehingga dapat berkontribusi meningkatkan SDM daerah kita," tutup Irawati. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami