Home Pemerintah Kotawaringin Barat Peningkatan Jalan Simpang Diung-Batu Kolam Ditargetkan Rampung Tahun 2022

Peningkatan Jalan Simpang Diung-Batu Kolam Ditargetkan Rampung Tahun 2022

  Redaksi   | Sabtu , 26 Maret 2022
3700ffce6b556a3f44ff112d59cf5bab.jpg
Kondisi terbaru Jalan Simpang Diung-Batu Kolam, Kotawaringin Barat.

KLIK.PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus berupaya meningkatkan akses lintas antarkabupaten. Salah satunya ruas jalan Simpang Diung, Kotawaringin Lama (Kolam), menuju Desa Batu Kolam, Kabupaten Lamandau.

Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat( Kobar, Hasyim Muallim mengatakan, peningkatan jalan ini rencananya melibatkan sejumlah perusahaan swasta yang di wilayah tersebut. Selain menggunakan dana APBD kabupaten. Di samping itu juga akan melibatkan unsur TNI melalui program TMMD. 

"Jalan Simpang  Diung-Rungun-Kondang-Batu Kotam fungsional tahun 2022." Kata dia, Sabtu (26/3).

Jalan Simpang Diung-Danau Gatal 6 kilometer sebagian ditangani APBD 2022. Jalan Lalang-Rungun-Kondang ditangani melalui TMMD 2022. 

Jalan Kondang-Batu Kotam ditangani melalui CSR PT. BGA dan KSA sepanjang 3,44 km dan sudah dibuka badan jalan oleh PUPR sepanjang 1,3 kilometer," ucap Hasyim Muallim.

Hasyim menjelaskan total panjang jalan yang perlu dibenahi nantinya mencapai 24 kilometer, namun peningkatannya dilakukan secara bertahap menyesuaikan anggaran daerah.

"Sementara untuk ruas jalan Kondang - Batu Kotam (batas Lamandau) masih dalam persiapan setelah dilakukan MoU dengan pihak BGA dan KSA," jelas dia.

Ia meyakini apabila jalan itu fungsional, maka akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan wilayah di Bumi Kyai Gede, Kolam.

Di samping itu hal tersebut juga dinilai akan memicu relokasi masyarakat dengan sendirinya, untuk mendirikan permukiman di tempat yang tinggi, sehingga mengantisipasi dampak banjir.

"Harapan saya untuk tahun 2022 sudah  fungsional, akses jalan dari Lamandau menuju Pangkalan Bun lebih dekat dan pertumbuhan ekonomi lebih meningkat untuk desa Lalang, Rungun, Kondang dan Batu Kotam

Hasyim menambahkan, bahwa jalan penghubung ini nantinya merupakan jalan tercepat menuju Kabupaten Lamandau, kedepan akan mempendek jarak tempuh masyarakat Pangkalan Bun yang ingin bepergian ke Nangabulik.

"Kalo dari Pangkalan bun lewat Jalan Rungun-Kondang ini hanya sekitar 96 kilometer. Pasti akan hemat waktu dan hemat biaya," pungkas dia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami