Home Pemerintah Pemprov Kalteng Soal Banjir di Kalteng, Penanganan Jangka Panjang Jadi Tugas Bersama

Soal Banjir di Kalteng, Penanganan Jangka Panjang Jadi Tugas Bersama

  Redaksi   | Selasa , 25 Oktober 2022
e613f01c5dc2c3e2074266ad7f3e225c.jpg
Pemprov Kalteng memperkuat sinergi dengan sejumlah pihak untuk penanganan banjir.

KLIK.PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menegaskan, penanganan bencana banjir di wilayah provinsi ini akan terus diperkuat dengan memperhatikan semua permasalahan yang ada.

Hal itu diungkapkannya terkait dengan bencana banjir yang ada ini terjadi di delapan kabupaten dan satu kota. Penanganan jangka pendek yang dilakukan pemerintah saat ini adalah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok dan pembangunan dapur umum.

"Pemerintah bersama satgas terus bergerak menyampaikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak," kata dia. 

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam mengatasi dampak banjir di Kalteng penanganan jangka pendek dan sesaat yang tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Namun perlu penanganan jangka panjang dengan melibatkan semua unsur terkait. 

Gubernur Sugianto Sabran berharap, untuk jangka panjang penanganan masalah banjir di Kalteng harus dimulai dari membenahi akar permasalahannya, sehingga upaya penanganan tersebut bisa terjangkau secara maksimal.

"Hal tersebut merupakan pekerjaan rumah besar yang harus melibatkan sinergitas antara pusat, provinsi, kabupaten dan kota," tegasnya.

Gubernur menjelaskan, menyelesaikan masalah banjir tidak bisa dilakukan secara parsial sendiri-sendiri, tapi harus mengawinkan satu pemahaman yang sama bagi semua pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota.

"Untuk berangkat dari nawacita yang sama, yaitu melahirkan satu kebijakan yang berpihak kepada rakyat, salah satunya kebijakan menyelematkan lingkungan dari kerusakan," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami