Home DPRD Seruyan DPRD Seruyan Dorong Setiap Desa Miliki BUMDes

DPRD Seruyan Dorong Setiap Desa Miliki BUMDes

  Redaksi   | Selasa , 16 Mei 2023
f802ec61f53c6f04975a00dde80c259f.jpg
Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin.

KLIK. SERUYAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mendorong seriap desa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Wakil Ketua II DPRD Seruyan Muhammad Aswin mengatakan, peran BUMDes sangat penting untuk membantu para petani di wilayahnya masing-masing,

Menurut Aswin, setiap desa harus memiliki bumdes untuk dapat membantu perekonomian masyarakat setempat, salah satunya menjadi ujung tombak terhadap sektor pertanian

“Bumdes dapat memperhitungkan jumlah petani yang ada di desanya, dalam rangka untuk membantu para petani dalam memasarkan hasil pertanian sehingga hasilnya lebih maksimal,” katanya, Selasa (16/5).

Menurutnya, jika BUMDes sudah menjalankan tugasnya dengan maksimal tentu akan berdampak positif terhadap perekonomian di setiap desa, sehingga pendapatan asli desa (PADes) juga dapat meningkat serta kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

“Kami meminta semua pihak dapat menggerakkan peran dan fungsi BUMDes, sehingga masyarakat bisa lebih terbantu ,” ujarnya.

Politisi Nasdem itu menambahkan, terkait peran dalam memajukan sektor pertanian di desa, BUMDes juga dapat menyediakan pupuk dan sarana prasarana lainnya yang bisa meringankan beban para petani. 

Bahkan, pada saat musim panen tiba BUMdes sudah dapat memperhitungkan kebutuhan beras dan pemasaran beras para petani .

“Banyak fungsi dari BUMDes jika dimaksimalkan, selain dapat membantu para petani untuk memperhitungkan kebutuhan beras bagi masyarakat, juga dapat menyediakan pupuk, bibit, alat dan mesin pertanian, maupun sarana prasarana lainnya,” pungkasnya.(KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami