Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Dukung Percepatan Gerakan Sinergi Agraria

Pemkab Kotim Dukung Percepatan Gerakan Sinergi Agraria

  Sugianto   | Selasa , 23 April 2024
d400c356972dc67d8e81408e085fe8d0.jpg
Wabup Kotim Irawati saat menghadir Gerakan Sinergi Reforma Agraria di Desa Seragam Jaya, Kecamatan Seranau, Senin (22/4).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendukung percepatan sinergi reforma agraria yang digelar di balai Desa Seragam, Kecamatan Seranau. Program ini dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat agraria di daerah itu.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten mengapresiasi dan mendukung kegiatan Sinergi Agraria ini," ucap Wakil Bupati Kotim Irawati, Senin (22/4).

Irawati mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 62 tahun 2023 tentang percepatan agraria mengamanatkan penyelenggaraan penataan aset dan penataan akses yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agrarian pelaksanaan dengan tujuan reforma meningkatkan pemilikan, kemakmuran rakyat. 

"Amanat ini penyelenggaraan penataan aset dan penataan akses yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agrarian pelaksanaan dengan tujuan reforma meningkatkan pemilikan, kemakmuran rakyat," tuturnya.

Lanjutnya, adapun penataan aset adalah penataan sebesar-besar kembali penguasaan, dan pemanfaatan tanah untuk menciptakan keadilan dalam penguasaan dan pemilikan tanah. Sementara penataan akses adalah program pemberdayaan ekonomi subjek reforma agraria, untuk meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah.

Modal penggunaan, penataan aset dilakukan dengan prinsip tertib hukum dan tertib administrasi pertanahan dengan menjadikan bidang tanah dimaksud sebagai aset yang hidup. Serta, dapat menjadi bagi masyarakat untuk kesejahteraannya serta meningkatkan sasaran target penataan aset mengacu kepada program kerja pemerintah daerah.

"Pada tahun 2023 telah dilaksanakan penataan aset di Desa Seragam Jaya sebanyak 191 bidang tanah dengan subjek sebanyak 109 subjek penerima serta luas total bidang yang diredistribusi 171,83 hektare," ungkapnya.

Menurut Irawati, Desa Seragam Jaya adalah salah satu desa yang berada di daerahnya yang memiliki banyak potensi yakni bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Adapun bidang perkebunan mereka memiliki potensi buah nanas madu merupakan komoditas utama dan terbesar di Kota Sampit. 

Dalam kegiatan sinergi reforma agraria ini, pihaknya menggelar kegiatan pelatihan bagi masyarakat Desa Seragam Jaya yaitu pelatihan pembuatan permen nanas dan minuman sari buah nanas. Diharapkan, ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui potensi yang dimiliki mereka.

"Semoga melalui kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan ilmu bagi masyarakat di Desa Seragam Jaya. Demi kesejahteraan rakyat," demikian Irawati. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami