Home Pemerintah Kotawaringin Barat Pemkab Kobar Akan Bangun Bundaran Pinisi di Kumai Begini Desainnya

Pemkab Kobar Akan Bangun Bundaran Pinisi di Kumai Begini Desainnya

  Redaksi   | Sabtu , 17 Desember 2022
18425af7c403805f7f06538cd2ea48c3.jpg
Desain Bundaran Pinisi yang akan dibangun fi Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), akan membangun Bundaran Pinisi di wilayah Kecamatan Kumai. Hal ini sebagai gambaran masyarakat Kumai yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan tradisional. 

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Juni Gultom mengatakan, rencana pembangunan bundaran pinisi di Simpang Bumi Perkemahan, Desa Kubu Kecamatan Kumai.

"Pembangunan Bundaran Pinisi ini  merupakan hasil Masukan dari tokoh masyarakat Kumai melalui Camat Kumai," katanya, Sabtu (17/12).

Dengan berdirinya bundaran pinisi ini akan menjadi ikon baru yang heroik, bahwa nenek moyang masyarakat Kobar merupakan pelaut yang tangguh. 

Juni Gultom juga menjelaskan, berdirinya bundaran Pinisi ini juga menggambarkan bahwa nelayan asal Kumai ini merupakan nelayan yang tangguh, hal itu tergambar dengan berdirinya dengan kokoh sebuah kapal layar tradisional di atasan Bundaran tersebut. 

"Kapal Pinisi adalah sebutan kapal yang menggunakan sistem layar, tiang dan tali jenis pinisi, sehingga dengan berdirinya kapal pinisi di simpang bumi perkemahan itu akan mewakili masyarakat Kumai merupakan masyarakat yang kuat dan tangguh," ujar Juni Gultom. 

Dengan berdirinya bundaran pinisi juga sebagai penunjang sarana dan prasarana sektor pariwisata, dimana di  Kecamatan Kumai selama ini di kenal dengan objek wisata Taman Nasional Tanjung Puting, sehingga Kecamatan Kumai juga sebagai tempat tujuan wisata. 

Lanjut Juni Gultom,  untuk anggaran pembangunan bundaran pinisi tersebut, baru akan di paparkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa nanti (20/12).

"Objek wisata di Kobar ini bukan saja Taman Nasional Tanjung Puting yang sudah terkenal di dunia Internasional, tetapi banyak objek destinasi wisata lainnya seperti keindahan pantai di pesisir Kumai, dan destinasi wisata lainnya di wilayah Bumi Marunting Batu Aji, " ujar Juni Gultom. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami