Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Menargetkan Pembangunan Pabrik Es Balok Segera Beroperasi Tahun 2024 ini

Pemkab Kotim Menargetkan Pembangunan Pabrik Es Balok Segera Beroperasi Tahun 2024 ini

  Sugianto   | Selasa , 23 April 2024
024e4c758b484c8cf2c475a82359fffa.jpg
Bupati Kotim saat meninjau lokasi pembangunan pabrik es di Desa Sei ijum Raya, Senin (22/4).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan pembangunan pabrik es bakal dan segera beroperasional di tahun 2024 ini. Hal ini merupakan langkah konkret Pemkab Kotim untuk memperkuat sektor perikanan.

"Saya berharap tahun 2024 bisa operasional untuk membantu nelayan memenuhi kebutuhan es balok untuk kegiatan nelayan," ucap Halikin.

Hal ini disampaikannya saat meninjau lokasi pembangunan pabrik es balok di Desa Sei Ijum Raya, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. 

Adapun sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan bagi pemkab Kotim ini. Sebab Kotim memiliki sumber daya di laut yang melimpah. 

Saat ini pembangunan pabrik es balok sedang tahap lelang. Sementara mesin pembuat es balok telah dipesan bulan Maret dan menunggu perakitan selama 5 bulan.

Halikin mengatakan pembangunan pabrik es balok ini sangat penting. Sebab, selama ini pihaknya kerap kali menerima keluhan dar nelayan bahwa mereka tidak bisa melaut kareba tidak adanya es balok. Bahkan ada yang sampai satu bulan tidak melaut hanya karena tidak ada es balok. 

"Di sini itu hanya ada pabrik es balok swasta yang menyiapkan 300 blok setiap hari. Sementara kebutuhan es balok nelayan 500-1.000 balok," terangnya.

Halikin menilai kondisi tersebut sangat urgen. Sehingga membuat nelayan harus mengantre untuk mendapatkan es balok yang berfungsi mengawetkan ikan tangkapan dari laut.

"Artinya ini sangat mendesak sehingga kami anggarkan dari APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) Kotim Rp2 miliar. Saat ini sedang lelang," imbuhnya. 

Halikin berharap, keberadaan pabrik es balok nantinya dapat memperlancar nelayan dan memperkuat sektor perikanan di daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya pabrik es balok ini dapat membatu para nelayan kita dalam melaut dan mememperkuat sektor perikanan di daerah ini," pungkas Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami