Home News Metropolis Era Terkini Bahasa Mandarin Menjadi Penting Dipelajari

Era Terkini Bahasa Mandarin Menjadi Penting Dipelajari

  Sugianto   | Minggu , 28 April 2024
577340ea7ef3ee0cfa51081a83c29f05.jpg
Sinolog di Kotim, Novi Basuki saat diwawancara.

KLIK.SAMPIT- Di era globalisasi saat ini seseorang dituntut untuk bisa berbagai bahasa. Selain bahasa ibu, bahasa mandarin merupakan bahasa yang kini semakin menjadi tuntutan untuk lebih lancar. seiring dengan meluasnya teknologi bahasa mandarin juga penting untuk dipelajari.

"Bahasa mandarin merupakan salah satu yang penting untuk dipelajari," ucap salah satu Sinolog di Kotim, Novi Basuki, Sabtu (27/4).

Menurutnya, bahasa mandarin memiliki tatabahasa yang relatif tidak rumit. Bahasa ini tidak memiliki konjugasi kata kerja (tidak perlu menghafal bentuk kata kerja) dan tidak ada kemerosotan kata benda (misalnya, perbedaan jenis kelamin dan angka).

Ia menyebut, Tiongkok memiliki 1,4 miliar penduduk. Saat ini bahasa Mandarin dituturkan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia, sekitar seperlima dari populasi global.

"Dengan bisa bahasa mandarin kita bisa bicara dan komunikasi dengan seseorang paling tidak 1,4 miliar manusia di muka bumi ini," ujarnya.

Lanjutnya, secara global, setiap tahun semakin banyak siswa di seluruh dunia yang bahasa ibunya bukan bahasa mandarin mempelajarinya dengan antusias dan sukses.

"Saat ini dengan konsep sekolah internasional, sudah menjadi gabungan antara bahasa mandarin dan Inggris. Bahasa mandarin, di sekolah sifatnya mata pelajaran biasa. Dan seiring berjalannya waktu di era global makin dibutuhkan, makin menegang peranan di segala bidang," terangnya.

Selain itu pentingnya bahasa mandarin ini erat kaitannya dengan bisnis internasional. pasalnya, mereka lebih suka mempekerjakan orang yang berbicara lebih dari satu bahasa. Tiongkok telah menjadi pasar yang sangat besar, dan para pemimpin bisnis mencari orang-orang yang dapat berbicara bahasa Tiongkok dan berhasil beroperasi dalam konteks budaya Tiongkok.

"Mengetahui bahasa mandarin dapat memberi kita keunggulan saat bersaing untuk posisi penting. Tiongkok akan memainkan peran utama dalam urusan dunia di masa depan," imbuhnya.

Ia pun menekankan penting belajar bahasa mandari agar bisa terserap di lapangan kerja internasional.

"Mari kita belajar bahasa mandarin, dengan bahasa mandarin kita akan lebih diperhitungkan dan mudah terserap dilapangan kerja. Tentunya kalau bekerja di dunia kerja internasional gajinya juga sangat menjanjikan," pungkas Novi Basuki. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami