Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Bakal Bangun Puskesmas Unit II di Antang Kalang

Pemkab Kotim Bakal Bangun Puskesmas Unit II di Antang Kalang

  Sugianto   | Minggu , 28 April 2024
90592685cd9d022354144039c5338936.jpg
Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi saat diwawancara wartawan.

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Unit Il di Desa Gunung Makmur, Kecamatan Antang Kalang.

Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan rencana pembangunan Puskesmas tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

"Kita sudah sampaikan dengan Pak Bupati dan beliau juga sudah sepakat dengan rencana pembangunan Puskesmas Unit Il di Desa Gunung Makmur ini," kata Umar Kaderi, Sabtu (27/4). 

Umar menerangkan, pembangunan fasilitas kesehatan di Desa Gunung Makmur tersebut diperkiraan memerlukan anggaran sekitar Rp10 miliar dan sudah termasuk dengan peralatan kesehatannya.

"Kami juga akan menyediakan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan ditugaskan di Puskesmas tersebut," ujarnya.

Lanjutnya, dalam hal ini pihaknya juga akan terus mengupayakan agar pembangunan Puskesmas tersebut bisa secepatnya terealisasi menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Menurutnya terkait lokasi lahan pembangunan Puskesmas tersebut telah dihibahkan pemerintah desa setempat kepada pihaknya.

"Kami mengapresiasi kepada kepala desa dan warga Desa Gunung Makmur yang telah menghibahkan tanah seluas satu hektare untuk di bangun Puskesmas Unit II," ujarnya.

Umar menilai pembangunan Puskesmas tersebut secara teknis memang layak untuk dilakukan, mengingat luasan wilayah Antang Kalang yang sangat luas dan penduduknya yang banyak. Ia berharap dengan dibangunnya Puskesmas tersebut dapat meningkat pelayanan kesehatan di wilayah itu.

"Karena akses yang cukup sulit dan jauh menuju puskesmas yang sudah ada, Puskesmas Unit Il ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat, mudah-mudahan dengan adanya Puskesmas ini nantinya pelayanan kesehatan di sana akan lebih maksimal," harapnya.

Sementara Bupati Kotim Halikinnor sebelumnya menyoroti semua fasilitas yang ada di Kecamatan Antang Kalang baik itu infratruktur jalan termasuk fasilitas kesehatan di wilayah itu.

Menurutnya, fasilitas kesehatan ini juga merupakan program prioritas dan sifatnya cukup mendesak. Pihaknya akan membangun Puskesmas tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah itu. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami