Home News Metropolis Banyak Warga Kecewa Tak Kebagian Gas Elpiji saat Operasi Pasar di Taman kota Sampit

Banyak Warga Kecewa Tak Kebagian Gas Elpiji saat Operasi Pasar di Taman kota Sampit

  Redaksi   | Minggu , 18 September 2022
e50348b97e7982e066aa5e313718cfa3.jpg
Seorang kakek tampak kecewa saat tak dapat membeli gas elpji murah karena tidak mengantongi kupon dalam Operasi Pasar yang digelar di Taman Kota Sampit, Minggu (18/9).

KLIK.SAMPIT - Operasi pasar yang digelar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur disambut antusias oleh masyarakat, Minggu (18/9).Terutama operasi pasar gas elpiji. Namun banyak warga yang kecewa lantaran tak kebagian kupon. 

"Kami bingung di mana mendapatkan kuponnya. RT di tempat kami enggak ada yang bagi," ucap Erna, salah seorang warga yang mengantre.

Sementara pantauan Klikkalteng.id petugas operasi pasar hanya memprioritaskan bagi masyarakat yang memegang kupon. 

"Maaf bu, kami prioritaskan yang pegang kupon dulu ya. Kalau sabar, silakan menunggu. Siapa tahu nanti kebagian," ucap salah seorang petugas. 

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar operasi pasar gas elpiji 3 kilogram dengan menjualnya hanya seharga Rp22 ribu per tabung. 

“Kita jual elpiji 3 kg dengan harga sesuai HET Rp22 ribu per tabung. Jumlah yang disiapkan kurang lebih 1.600 tabung,” kata Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto. 

Operasi pasar ini disambut antusias masyarakat. Pasalnya hasil penelusuran di lapangan, harga elpiji 3 kilogram di tingkat eceran rata-rata di atas Rp30 ribu per tabung.

Untuk membeli, warga diminta membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setiap orang dibatasi hanya boleh membeli satu tabung gas elpiji 3 kilogram

Alang menjelaskan, operasi pasar ini untuk membantu masyarakat mendapatkan gas elpiji dan komoditas lain dengan harga murah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Ini juga bagian upaya pemerintah menekan laju inflasi dengan cara menjaga daya beli masyarakat melalui operasi pasar dan pasar murah. Intervensi pasar ini diharapkan membuat masyarakat terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, operasi pasar ini juga diharapkan berdampak pada semakin stabilnya harga bahan pokok. Dengan begitu masyarakat tidak terlalu terbebani dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Operasi pasar elpiji ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan DPC Hiswana Migas dan Pertamina Patra Niaga.

“Kami berharap masyarakat tidak melewatkan kesempatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat,” harap Alang.

Operasi pasar ini merupakan intervensi pasar yang ketiga dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Akhir Agustus lalu digelar operasi pasar tiga komoditas, kemudian dilanjutkan pasar murah sembako pada awal September lalu.

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan arahan Presiden Joko Widodo saat rapat pengendalian inflasi di Istana Negara pekan lalu, yang juga dihadiri Bupati Halikinnor. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami