Home Pemerintah Kotawaringin Timur MB Ketapang Siap Jadi Penyanggah Pangan di Kotim

MB Ketapang Siap Jadi Penyanggah Pangan di Kotim

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 28 September 2022
276d83a28b98d50b124249c6e7861771.jpg
Sekretaris Kecamatan MB Ketapang, Irpansyah, saat panen bawang di wilayah pertanian di Jalan Bumi Asri, Sampit, Kotawaringin Timur.

KLIK.SAMPIT— Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, optimis siap menjadi penyangga pangan. Khususnya bagi Kabupaten Kotawaringin Timur. 

“Mentawa Baru Ketapang siap menjadi penyanggah ketahanan pangan ini di berbagai desa maupun kelurahan dengan berbagai jenis hasil tanaman pangan,” ujar Camat Mentawa Baru Ketapang, Eddy Hidayat Setiadi, Rabu (27/9).

Dibeberkannya Mentawa Baru Ketapang memiliki tanaman padi ada di wilayah, Desa Bapeang, Bapanggang Raya. Lalu untuk menyanggah sayur-mayur ada di Kelurahan Mentawa Baru Hilir, dan ada di Kelurahan Ketapang.

“Demikian juga untuk buah-buahan dan sayur-sayuran dan juga ada di Kelurahan Pasir Putih,” ungkapnya.

Edi mengatakan bahwa Bupati Kotim Halikinnor, meminta ke kecamatan Mentawa Baru Ketapang untuk menyampaikan dokumentasi dalam membangun ketahanan pangan untuk dikumpulkan untuk dijadikan bahan laporan untuk Presiden.

“Tadi bapak Bupati minta foto dokumentasi dalam kegiatan ketahanan pangan,” katanya. 

 

Bahkan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang melalui bidang pertanian sudah memasok sayuran hingga ke Kalimantan Barat. Salah satunya dari kompleks pertanian di Jalan Bumi Ayu, Sampit. 

“Jadi ada pikap dari provinsi tetangga langsung membeli di kebun masyarakat yang berada di Bumi Ayu,” ungkap Eddy.

Eddy juga menjelaskan bahwa nantinya akan memanfaatkan lahan tidur yang berada di Kelurahan Pasir putih sekitar wilayah kilometer 7 hingga kilometer 9 untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Kita manfaatkan lahan tidur yang ada kita akan tanyakan dulu kita cari informasi maka akan dipakai pinjam pakai saja,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa kendala dalam melakukan kegiatan pertanian yakni ketersedian pupuk, arena harga pupuk mahal dan juga kosong, sehingga petani akan kesusahan.

“Untuk SDM dalam melakukan pertanian di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang sudah cukup bagus,” tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami