Home DPRD Seruyan Pemkab Seruyan Harus Libatkan Masyarakat Cegah Karhutla

Pemkab Seruyan Harus Libatkan Masyarakat Cegah Karhutla

  Redaksi   | Senin , 03 April 2023
b08c5fcfebb7600c5fc3cb04dc9cd96a.jpg
Anggota DPRD Seruyan, Koling Irawan.

KLIK. SERUYAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Dapil III, Koling Irawan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, agar melibatkan masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Koling menyampaikan, keterlibatan masyarakat sangat penting dalam membantu pemerintah Seruyan dalam mencegah dan menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karena, dengan adanya keterlibatan masyarakat ini, maka pemerintah akan lebih terbantu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang apabila terjadi akan menimbulkan dampak lebih luas.

“Memberdayakan masyarakat sekitar dalam mencegah terjadinya karhutla sangat penting dilakukan. karena merekalah yang akan menjadi garda terdepan untuk mencegah terjadinya kebakaran,” kata Koling, Minggu (2/4).

Selain itu, masyarakat perlu diberikan peralatan berupa alat pemadam kebakaran dengan pelatihan keterampilan dalam penanggulangan dan pencegahan karhutla.

Menurut Kaling langkah ini sangat tepat karena apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka masyarakat sudah bisa mengatasi dan mencegah serta memadamkan kebakaran tersebut.

“Alat pemadam kebakaran perlu disediakan di setiap desa, dan pelatihan keterampilan untuk penanganan dan pencegahan karhutla itu juga harus, agar masyarakat bisa mempraktikannya secara langsung dilapangan,” pungkasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami