Home Peristiwa Duh! Kebakaran Lahan Terjadi Lagi di Sampit

Duh! Kebakaran Lahan Terjadi Lagi di Sampit

  Redaksi   | Sabtu , 18 Februari 2023
bacc53e16bffc9add27ee3c1cae8a4a2.jpg
Petugas Manggala Agni memadamkan lahan di Bumi Raya, Kelurahan Baamang Barat, Sampit, Kotawaringin Timur, Sabtu (18/2).

KLIK.SAMPIT - Kebakaran lahan kembali terjadi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu sore (18/2). 

Kali ini kebakaran lahan melanda lahan seluas kurang lebih 1 hektare di Jalan Bumi Raya, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang. 

Tim gabungan pun dengan sigap bergerak ke lokasi dan memadamkan api yang berdekatan dengan permukiman warga tersebut. 

"Kebakaran yang belum diketahui penyebabnya, kemungkinan terjadi sekitar pukul 12. 00," ungkap Kepala Regu Manggala Agni Pondok Kerja Sampit Junaedi. 

Tim gabungan dari Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah , Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta relawan berjibaku memadamkan api agar tidak semakin meluas. 

Sebanyak 30 orang petugas dikerahkan dengan dua unit mobil pemadam kebakaran serta satu unit mobil tangki milik BPBD. 

Lahan yang terbakar tampak seperti baru saja dibersihkan. Namun belum dapat dipastikan apakah kebakaran terjadi atas unsur kesengajaan atau kelalaian manusia, maupun akibat faktor lainnya. 

Untuk diketahui dalam beberapa hari terakhir, intensitas hujan di Kota Sampit cenderung menurun. Hal ini diperparah lagi cuaca yang terjadi lebih kering dari biasanya. Sehingga kebakaran lahan sangat rawan terjadi. 

"Terhadap kondisi cuaca yang rawan terjadinya kebakaran hutan atau lahan seperti ini, warga diimbau tidak membuka lahan dengan dibakar," katanya.

Kebakaran hutan atau lahan berpotensi besar menimbulkan kabut asap. Hal ini akan berdampak pada banyak sektor. Baik kesehatan, pendidikan, transportasi hingga perekonomian. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami