Home Pemerintah Pemprov Kalteng HUT Ke-21 Bartim, Pemprov Kalteng Minta Pertahankan Prestasi Pembangunan

HUT Ke-21 Bartim, Pemprov Kalteng Minta Pertahankan Prestasi Pembangunan

  Redaksi   | Kamis , 10 Agustus 2023
14221708de16a25ac9f4de9322d5cc39.jpg
Wakil Gubernur Edy Pratowo saat bertindak sebagai inspektur upacara HUT Bartim.

KLIK. PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meminta Pemerintah Kabupaten Barito Timur agar mempertahankan sejumlah prestasi dan raihan positif pembangunan pada tahun 2022 lalu.

Hal tersebut disampaikannya pada saat upacara peringatan HUT ke-21 Kabupaten Barito Timur. Dimana pada kesempatan itu Edy mengajak seluruh pemangku kepentingan bersama-sama meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya harus saling bahu membahu dalam memajukan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Barito Timur," kata dia, Kamis (10/8)

Ia mengatakan, kinerja pemerintah setempat sudah sangat baik dalam pelaksanaannya programnya. Hal itu dapat terlihat dari prestasi dan raihan positif pembangunan pada tahun 2022.

Kabupaten Barito Timur, lanjutnya, berhasl memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI tujuh kali berturut-turut. Prestasi ini tentunya menjadi salah satu gambaran komitmen pemerintah untuk meningkatkan tata kelola keuangan dan pemerintahan daerahnya.

"Opini WTP ini memang hanyalah penghargaan, tapi dari penghargaan itu kita bisa melihat bagaimana keseriusan pemerintah dalam pengelolaan keuangan," katanya.

Dari sisi perekonomian juga patut diapresiasi, karena pada tahun 2022 kemarin pertumbuhan ekonomi kabupaten ini tercatat sebesar 6,06 persen, atau naik cukup signifikan daripada angka tahun 2021 yang sebesar 2,8 persen.

Kemudian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga meningkat menjadi 72,07, lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 yang di angka 71,47. Capaian indikator makro ini menunjukkan upaya keras mendorong pembangunan daerah Barito Timur.

"Biarpun capaiannya bagus, tapi saya tetap meminta semua stakeholders di Kabupaten Barito Timur untuk lebih sinergis lagi ke depannya," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami