Home News Politik Hampir 50 Persen Pendatang Baru Ambil Alih Kursi DPRD Kotim

Hampir 50 Persen Pendatang Baru Ambil Alih Kursi DPRD Kotim

  Sugianto   | Selasa , 05 Maret 2024
1380957ce94f0b471c343b5b7397796a.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT - Hampir 50 persen pendatang baru akan mengambil alih kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur. Sebanyak 19 legialator baru akan mengisi kursi DPRD Kotim sementara 21 lainnya akan diisi petahana. 

Hal tersebut diketahui melalui hasil rekapitulasi menggubakan metode sainte lague yang dilakuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim. 

Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi, tidak menampik bahwa perebutan kursi DPRD Kotim bakal diisi oleh pendatang baru. Namun, dirinya mengajak masyarakat untuk tetap menunggu hasil resmi yang nantinya akan diumumkan oleh KPU.

"Penetapan calon anggota DPRD terpilih akan dilakukan KPU setalah memastikan tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) ataupun setelah sidang perselisihan hasil Pemilu di MK selesai," kata Ketua KPU Kotim, Muhammad Rifqi, Selasa (5/3).

Selain itu, menurut dia tidak terdapat Permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU), paling lambat tiga hari setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK mengenai daftar PHPU Pemilu Legislatif.

"Berdasarkan peraturan MK Nomor 5 tahun 2023, pada lampiran I pembacaan putusan MK terhadap permohonan perselisihan hasil pemilu akan dilaksanakan pada 4-5 Juni 2024. Maka, penetapan calon legslatif terpilih paling lambat akan dilakukan pada 8 Juni 2024," Jelasnya.

Adapun sejumlah nama pendatang baru yang bakal diproyeksikanmenduduki kursi DPRD Kotim, mulai dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kotim ada 4 pendatang baru dari 10 kursi yakni ada Angga Aditya Nugraha dari PDI Perjuangan, Chindy Maulidtika Yunita dari Partai Gerindra, Ahyar Umar dari PDI Perjuangan, dan Muhammad Idi dari PKB.

Sedangkan untuk Dapil 2 ada 2 pendatang baru dari 8 kursi yang siap bergabung di antaranya Paliansyah dari PDI Perjuangan dan Ariyandi dari PKS.

Dapil 3 ada 5 dari 6 kursi tersebut diisi oleh pendatang baru, seperti Muhammad Hafiz dari PDI Perjuangan, Eddy Mashamy dari PAN, Zainuddin dari PKB, Akhyannor dari Partai Gerindra, dan Wahito Fajriannor dari Partai Demokrat.

Sementara untuk Dapil 4 ada 4 pendatang baru dari 7 kursi diisi oleh pendatang baru seperti Devi dari PDI Perjuangan, Supian Hadi dari Partai PAN, Langkap dari Gerindra, dan Noor Aprilly dari Partai PKS.

Dan terakhir dari Dapil 5 ada 7 dengan pendatang baru yakni Seto Hadi dari PDI Perjuangan, Abdul Sahid dari Partai Golkar, Muhammad Ridho Anshari dari Partai Demokrat, dan Andi Lala dari Partai Gerindra. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami