Home News Opini Menjelajah Dunia Nuansa khas Bali - Indonesia

Menjelajah Dunia Nuansa khas Bali - Indonesia

Kena: Bridge of Spirits

  Redaksi   | Sabtu , 06 November 2021
be0671e94d95d73914f02e31fedd0117.jpg
Screenshot gameplay oleh Pelona39.

OLEH PELONA39 – Kena adalah seorang gadis muda, juga seorang pemandu roh makhluk hidup yang tersesat. Dalam sepanjang perjalanan Kena ditemani sekelompok makhluk kecil berwarna hitam dan imut, makhluk kecil tersebut bernama Rot. Jumlah Rot banyak sekali dan mereka terpisah disebabkan oleh sesuatu yang belum diketahui penyebabnya, mulailah petualangan Kena menuju ke Kuil Gunung Suci bersama Rot untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan desa yang telah ditinggalkan oleh penduduknya. Desa tersebut diselimuti oleh roh jahat dan racun yang mematikan, Kena berinisiatif untuk menghilangkan roh jahat, mengembalikan desa tersebut kembali seperti semula dan mengembalikan roh-roh yang tersesat ke tempat yang semestinya.

Petualangan Kena berada di dunia yang tidak diketahui, namun suasana dunia tersebut mirip seperti hutan yang berada di Indonesia. Berdasarkan dari wikipedia dunia Kena merupakan dunia fiksi yang terinspirasi dari Jepang dan Bali.

Oh iya, asal kalian tahu, bahwa pengisi suara Kena adalah Dewa Ayu Dewi Larassanti warga Indonesia dari Bali. Video game ini benar-benar worth untuk dibeli karena selain pengisi suaranya dari Indonesia, musik sepanjang petualangan juga buatan dari Indonesia. Yang lebih bangganya musik instrumen tersebut menggunakan alat instrumen khas Indonesia yaitu angklung dan gamelan, saya yakin jika orang Indonesia memainkan video game ini pasti merinding mendengar musiknya.

Sepanjang petualangan dari awal hingga akhir musik angklung terdengar, menyatu dengan dunia Kena berada, hal itu membuat saya merinding, bukan merinding karena takut tapi merinding karena “Kapanlagi musik khas Indonesia ada di video game sekeren ini!”. Terutama pada saat melawan boss, dimana musik angklung gamelan tersebut dikombinasi dengan musik epik orkestra dari berbagai alat instrumental sehingga membuat suasana semakin tegang.

Jenis video game Kena adalah adventure, petualangan dan semi-open-world. Berpetualang sambil mencari Rot, memecahkan misteri dan puzzle, selain pukul-pukulan melawan monster otak kita juga ditantang dalam memecahkan misteri dan puzzle yang terbilang tidak mudah. Saya sempat terhenti beberapa jam di suatu puzzle karena menurut saya puzzle tersebut sangat susah, saking susahnya saya sampai ambil kertas dan pena kemudian menulis puzzle tersebut ke kertas, mencari solusi pada tulisan tersebut dan akhirnya puzzle tersebut berhasil saya pecahkan.

Grafis atau tampilan 3D pada video game Kena sangat memukau, baik itu cutscene ataupun in-game semua di render 3D dengan rapi sehingga pemain dapat merasakan bermain layaknya menikmati film animasi 3D karena kualitasnya memang setara dengan tampilan film animasi yang biasanya dibuat oleh Disney atau Dreamworks. Kena dikembangkan oleh developer Ember Lab menggunakan mesin Unreal Engine, Kena merupakan judul video game pertama yang mereka kembangkan, Sebelumnya Ember Lab membuat animasi iklan untuk Coca-cola dan produk terkenal lainnya.

Mekanisme pergerakan dan pengendalian pada Kena terbilang simpel namun menantang. Saya memainkan video game ini menggunakan PC dengan memakai controller XBOX 360 dengan lancar namun ada sedikit kendala yaitu masalah di aiming atau membidik memakai panah. Tapi setelah lama bermain Kena saya jadi terbiasa membidik menggunakan controller sehingga jadi agak mudah membidik menggunakan panah. Jika pernah memainkan video game bernama Horizon Zero Dawn maka saat memainkan Kena akan terasa lebih mudah beradaptasi karena mekanisme pergerakan dan pengendalian nyaris mirip. Kalau bermain menggunakan mouse dan keyboard pada PC masih bisa kok, justru (mungkin) lebih enak dibagian membidik pakai panah.

Kombat nya juga terbilang mudah tapi susah karena saya struggling melawan boss video game ini, saya harus mengulang beberapa kali untuk mengalahkan boss. Tingkat kesulitan yang saya ambil padahal Medium atau Normal tapi terasa sekali susahnya, saya jadi terpikir “Medium nya saja susah seperti ini, gimana Hard nya?”.

Kalau dibilang mirip ‘Dark Souls’, mungkin iya tapi di Kena bisa memilih tingkat kesulitan sedangkan Dark Souls tidak bisa hehehe...

Gerakan kombat nya untuk menyerang musuh hanya normal attack dan heavy attack, dari jarak jauh bisa menggunakan panah, menghindar serangan musuh bisa dodge atau block atau juga counter, dan teman kecil kita Rot juga sangat membantu dalam mengalahkan musuh.

Dalam video game ini terdapat skill-tree dimana pemain bisa meningkatkan skill tertentu dan membuka skill baru untuk Kena. Untuk melakukan hal tersebut pemain harus mencari dan mengumpulkan Rot sebanyak mungkin, lokasi Rot yang tersebar ke seluruh map, pada pilihan map player akan dilihatkan informasi pada lokasi tertentu jumlah Rot, jumlah harta karun, dan informasi lainnya sehingga mempermudah pemain dalam mencari Rot.

Kena: Bridge of Spirits sangat direkomendasikan, karena pemain akan mendapatkan cerita petualangan yang baru tentunya, selain itu pemain juga akan melawan beberapa boss yang sangat menantang sangat cocok untuk gamer yang ngaku hardcore, serta puzzle yang cukup membuat pemain pusing, dan yang tak kalah pentingnya lagi terutama untuk pemain asal Indonesia akan mendapatkan pengalaman yang sangat fantastis karena setting lokasi yang bernuansa Indonesia banget serta musik yang tak asing di telinga yaitu gamelan.

Skor akhir saya kasih 4.9/5 menakjubkan! Sepanjang bermain video game ini hingga akhir bikin saya merinding hehehe...

[Spoiler] Saya kurang puas dengan ceritanya karena menurut saya pendek sekali, di akhir cerita sangat gantung, nasib desa setelah bebas dari roh jahat dan racun seperti apa, dan Kena harus kemana?

Kena: Bridge of Spirit bisa kamu download dan mainkan sekarang di PS4, PS5, dan PC (Windows - Epic Game Store).

Pelona39 a.k.a Lusi Angelia adalah seorang desainer grafis yang bekerja pada perusahaan media swasta, gemar bermain video game bergenre adventure dan RPG, penggemar Final Fantasy series dan juga salah satu pemain aktif MMORPG Final Fantasy XIV Online.

Baca Juga

Ikuti Kami