Home Pemerintah Pemprov Kalteng Jelang G-20, Anjungan Kalteng di TMII Segera Dibenahi

Jelang G-20, Anjungan Kalteng di TMII Segera Dibenahi

  Redaksi   | Kamis , 21 Juli 2022
73bdd37c429c04946b916c528c6d5b40.jpg
Sekda Kalteng Nuryakin mendampingi Gubernur Sugianto Sabran meninjau anjungan Kalteng di TMII, Jakarta.

KLIK. PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin memastikan, dalam waktu dekat ini anjungan Kalteng yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, akan segera dibenahi.

Nuryakin mengungkapkan, komitmen tersebut merupakan hasil rapat koordinasi rejuvenasi anjungan Kalteng di TMII. Dimana dalam rapat itu pemerintah provinsi mengkoordinasikan penanganan anjungan tersebut dengan kabupaten dan kota.

“Jadi ada beberapa kesepaktan yang dibuat pemerintah provinsi, yakni di antaranya membuat kesepakatan bersama dengan kabupaten dan kota, untuk bersama-sama berkontribusi menangani anjungan Kalteng,” kata dia, Kamis (21/7). 

Untuk penanganannya dipastikan dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 ini, sehingga seluruh pihak yang terlibat diharapkan siap dari sisi anggaran. Apalagi, lanjutnya, dalam kesepakatan tersebut telah dipaparkan pembiayaannya, baik dari sisi pemerintah provinsi ataupun kabupaten dan kota.

“Pembiayaan dilakukan bersama-sama, Pemprov Kalteng sebesar 30 persen, sementara kabupaten dan kota sebesar 70 persen yang dibagi sama rata dari total biaya yang diperlukan,” katanya menjelaskan.  

Tidak hanya sekadar penataan fisik, namun berbagai pernak pernik dan barang-barang yang dipamerkan di dalam anjungan juga diperhatikan. Maka dari itulah penataan dan pengisian, seperti pakaian adat, senjata khas, serta aksesoris lain dan dekorasi ruangan, pembiayaannya dibebankan pada masing-masing pemerintah kabupaten dan kota.

Lanjut Nuryakin, hal yang paling mendesak saat ini adalah bagaimana mempercantik wajah Kalteng ini dalam rangka pertemuan negara-negara G-20 Oktober mendatang, yang mana pra kegiatan sudah mulai berlangsung mulai bulan depan. 

“Kita akan lakukan revitalisasi, rehabilitasi dan rejuvenasi hal-hal yang mendesak dulu sebelum Oktober 2022, agar tampilan anjungan betul-betul menggambarkan miniatur Kalteng,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami