Home DPRD Seruyan Keberadaan Kapal Cumi Rugikan Nelayan Pesisir Seruyan

Keberadaan Kapal Cumi Rugikan Nelayan Pesisir Seruyan

  Redaksi   | Selasa , 18 April 2023
1b0faefc63a944a9be668f3717042951.jpg
Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KLIK.SERUYAN – Keberadaan kapal cumi milik asing di wilakyah perairan Kuala Pembuang dan sekitarnya dinilai merugikan nelayan setempat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bejo Riyanto mengatakan, hal ini menjadi keluhan nelayan pesisir. Dari laporan masyarakat sekitar kapal asing tersebut banyak beroperasi di perairan laut Kabupaten Seruyan. 

“Banyak laporan dari nelayan pesisir kita, salah satunya itu mereka mengeluhkan terkait keberadaan kapal asing yaitu kapal cumi yang beroperasi di perairan laut Seruyan,” katanya belum lama ini.

Keberadaan kapal cumi tersebut menurutnya sangat merugikan nelayan setempat. Hal itu dikarenakan kapal cumi yang berkapasitas besar dan memiliki peralatan yang cukup canggih itu selama ini mengeruk dan mengambil sumber daya alam di perairan laut Seruyan secara diam-diam.

“Bayangkan saja kapal cumi itu dengan alat yang canggih, sehingga ikan itu dari yang besar sampai yang kecil terangkat semua, akibatnya nelayan kita yang rara-rata nelayan tradisional itu kalah saing,” ujar Bejo.

Belum lagi menurutnya dari sudut pandang lain, kebaradaan kapal cumi dengan sifat rakusnya tersebut juga membuat ekosistem atau habitat ikan terganggu. Sebab mereka mengambil ikan tanpa pilah-pilih ukuran.

Oleh karena itu, menyikapi hal tersebut Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyarankan dinas terkait yakni Dinas Perikanan Seruyan dan aparat penegak hukum agar memperhatikan hal ini.

“Dinas perikanan dan aparat penegak hukum seperti TNI angkatan laut dan sebagainya harus memperhatikan hal ini. Jangan sampai nanti para nelayan itu bertindak sendiri. Sehingga merugikan berbagai pihak,” tandasnya. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami