Home News Ekonomi Harga Daging Ayam Potong di Sampit Merangkak Naik Jelang Ramadan

Harga Daging Ayam Potong di Sampit Merangkak Naik Jelang Ramadan

  Sugianto   | Jumat , 01 Maret 2024
c5f7a02bc2b0fab43446c7cb42d39bc0.jpg
Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Al Kamal, Sampit.

KLIK.SAMPIT- Harga daging ayam potong di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur mulai merangkak naik menjelang Ramadan. Namun kenaikan harga yang terjadi saat ini dianggap masih wajar. 

Berdasarkan pantauan klikkalteng.id di salah satu pasar tradisional di Kecamatan Baamang, kenaikan harga ayam potong itu terjadi.

"Harga ayam potong mengalami kenaikan harga, mungkin mendekati bulan Ramadan naik secara bertahap," Kata Ridwan, salah seorang pedagang daging ayam yang ditemui, Kamis (29/2).

Dia mengaku kenaikan harga daging ayam potongvatau ayam ras masih di angka yang wajar. Daging ayam ras sekarang per kilogram Rp 38 ribu dari semula hanya Rp 35 ribu per kilogram. 

"Kenaikan ini berlangsung pekan ini dan ini hal wajar. Biasanya kalau mendekati bulan Ramadan apa-apa harga serba naik, termasuk harga ayam," ujar Ridwan.

Menurut dia kenaikan harga ayam potong ini terjadi akibat stok ayam menipis yang diakibatkan kurangnya pasokan daging ayam dari para peternak ayam di daerah ini.

"Itu biasanya kalau mendekati bulan Ramadan para peternak ayam pada pulang kampung, apalagi kalau lebaran bakal naik lagi harga ayam ini," tutur Ridwan

Selain itu menurut dia kenaikan harga daging ayam potong ini juga dibarengi harga pakan yang kian meroket dalam beberapa hari terakhir.

"Harga pakan makin naik juga, tentu berimbas juga pada harga daging potong, makanya ini harga daging ayam juga mulai naik," sambungnya.

Kendati demikian menurut dia, dengan kenaikan harga ini tidak berpengaruh terhadap permintaan konsumen Pihaknya setiap hari menyediakan stok namun mungkin lebih sedit dari sebelumnya.

Sementara itu, Rahimah mengatakan dengan harga daging ayam yang mulai merangkak naik dalam pekan ini. Dirinya merasakan sepi pembeli sehingga harus mengurangi stok dari jumlah sebelumnya.

"Berkaca dari tahun sebelumnya Ramadan nanti justru ramai penjualannya, makanya kami pedagang tetap menyediakan stok daging ayam ya walaupun sedikit," ungkapnya

Dia memprediksikan pada Ramadan nanti harga daging ayam terus naik. Namun sebagai pedagang dia berharap semoga harga daging ayam tidak naik secara signifikan.

"Ya biasalah kalau menjelang Ramadan itu hampir semua harga barang pokok di pasar itu mengalami kenaikan. Termasuk harga ayam ini, namun kami pedagang berharap mudah-mudahan naiknya daging ayam ini tidak begitu besar lah," imbuhnya.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami