Home Pemerintah Pemprov Kalteng Peringatkan Seluruh Perangkat Daerah di Kalteng agar Pantau Ketersediaan Kebutuhan Pokok

Peringatkan Seluruh Perangkat Daerah di Kalteng agar Pantau Ketersediaan Kebutuhan Pokok

  Redaksi   | Minggu , 21 Januari 2024
441855c7700d1b75e6143f001cf31aa3.jpg
Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo.

KLIK. PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, menginstruksikan agar seluruh perangkat daerah untuk terus memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di daerah masing-masing. 

Pemerintah provinsi sendiri terus melakukan upaya-upaya tersebut, sehingga pengendalian harga kebutuhan pokok ini bisa menekan inflasi daerah dan diharapkan tidak terjadi kenaikan seperti yang pernah terjadi.

"Pengendalian harga kebutuhan pokok di daerah penting untuk disikapi, karena Kalteng pernah tercatat mengalami inflasi di urutan ketiga nasional," kata dia. 

Meski saat ini angka inflasi Kalteng masih tergolong terkendali dan masih rendah secara nasional, namun pemerintah pemerintah provinsi meminta perangkat daerah di kabupaten dan kota bergerak cepat melalukan berbagai upaya terkait kebijakan ini. 

"Sekarang yang dilakukan sudah berjalan baik, ya ini harus diupayakan terus. Inilan posisi sekarang keluar dari sepuluh besar nasional," katanya menegaskan. 

Edy Pratowo menyebutkan, terkait pengendalian harga kebutuhan pokok ini, pemerintah provinsi sebelumnya menggelar pasar penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Timur. Upaya ini diharapkan berdampak positif terhadap kebijakan pengendalian inflasi yang dilakukan pemerintah daerah. 

Ia menegaskan, pengendalian harga kebutuhan pokok ini tidak sekadar berkaitan dengan inflasi daerah, akan tetapi lebih kepada menjaga saya beli masyarakat dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Karena itulah hal ini penting diperhatikan oleh pemangku kepentingan.

"Kalteng bersama DKI Jakarta dan Gorontalo, mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan dan hanya tiga provinsi itu yang mendapatkan dana untuk penanganan inflasi, itu semua berkat kerja keras kita," katanya mengakhiri. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami