Home Pemerintah Kotawaringin Barat Sektor Pertanian di Kobar Berperan Besar Kurangi Kemiskinan

Sektor Pertanian di Kobar Berperan Besar Kurangi Kemiskinan

  Redaksi   | Selasa , 21 Juni 2022
51db38be9758bdccc85ac480981d36fb.jpg
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kobar, Akhmad Yadi, saat membuka Pelatihan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga di Kantor PWI Kobar, Selasa (21/6).

KLIK. PANGKALAN BUN - Sektor pertanian memiliki kontribusi yang besar terhadap pencapaian target program optimalisasi pemanfaatan lahan dan pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga.

"Peranan pertanian berkaitan langsung dengan target ketahanan pangan tahun yakni memberantas kemiskinan dan kelaparan," jelas Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Akhmad Yadi, Selasa (21/6).

Peran penting sektor pertanian dalam program ini menitikberatkan pada upaya pengentasan kemiskinan dan kelaparan. Di samping perhatian terhadap masalah kesehatan, pendidikan, ketidaksetaraan gender dan kelestarian lingkungan. 

"Beberapa hal di antaranya berhubungan langsung dengan pangan dan pertanian," katanya. 

Akhmad Yadi menjelaskan, kemiskinan masih menjadi persoalan karena rendahnya akses masyarakat terhadap pangan.

"Kita harapkan ketahanan pangan keluarga itu bisa terus ditingkatkan karena memang berawal dari keluarga dulu, baru masyarakat dalam arti luas," kata Akhmad Yadi.

Ia mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan lahan untuk ditanam dengan tanaman sayuran dan buah-buahan yang bisa ditanam. 

Pihaknya juga telah membagikan kurang lebih 14.000 bibit lombok, tomat dan sebagainya secara gratis. 

"Mudah-mudahan nanti bukan hanya mencukupi kebutuhan keluarganya tapi juga kalau bisa membantu tetangga dan bahkan menjual ke pasaran," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami